Kamis, 19 Januari 2017

TUTORIAL CARA MEMBUAT GAME EDUKASI BERBASIS PATH FINDING

Ada banyak jenis Game Edukasi yang bisa kita jumpai di dunia maya, salah satunya adalah Game yang berbasis Path Finding. Apa sebenarnya PathFinding ini? PathFinding berfungsi untuk membuat object sebagai pemain dapat menemukan jalan tercepat di sekitar rintangan secara cepat ke arah titik yang diinginkan oleh pemain. Game model seperti ini dapat kita temukan pada game model kerajaan atau kekaisaran, sebagai contohnya adalah Empire Game. 

Gambar Game yang menggunakan PathFinding
 Pada gambar di atas, pemain bisa mengarahkan tokoh ke arah titik mouse yang diiginkan. Object tokoh akan mencari titik tersebut melalui jalan yang terdekat dengan menghindari rintangan yang dilewatinya. Game model seperti inilah yang menggunakan sistem PathFinding.

Untuk membuat Game Path Finding, ada beberapa tahapan yang bisa kita lakukan. Berikut adalah tahapan-tahapannya.
Masuklah ke Construct 2 dan siapkan layout dan juga windows dengan ukuran 500x500 px.
Siapkan rintangan dengan cara membuat balok secara manual atau bisa mengambil sprite langsung dari Internet. Kali ini penulis akan membuat rintangan dari balok secara manual saja. Perhatikan gambar berikut ini. 
Gambar membuat sprite balok sederhana
Kemudian setelah jadi, copy kan sprite kotak tersebut menjadi sebuah bentuk rintangan seperti  gambar di bawah ini.
Gambar rintangan sederhana
 Langkah berikutnya adalah memberikan behavior solid pada srite balok tersebut.

Gambar behavior solid
Sekarang mari kita siapkan srite tokohnya. Kita bisa membuat sendiri spritenya atau kita juga bisa mengambil dari internet. Kali ini penulis mengambil dari Internet secara langsung.

Gambar sprite player (bird)

Pada tokoh player ini, penulis tambahkan behavior pathfinding dan juga flash.
Gambar Behavior PathFinding
Gambar Behavior Flash
Selanjutnya, penulis siapkan Text Score untuk menambahkan nilai. Penulis harap pada bagian ini, Anda sudah memahami bagaimana cara memasukkan Text Score tersebut. Tidak lupa juga kita tambahkan behavior Mouse agar nanti kita bisa melakukan clicking untuk menetukan posisi pencarian lokasi.

Gambar Behavior Mouse

Setelah semuanya beres, sekarang saatnya kita bermain pada Eventsheet nya. Pada bagian awal Eventsheet, kita tentukan terlebih dahulu Variable Score yang kita mulai dari nilai nol. Tidak lupa kita juga akan menampilkan nilai awal score pada saat game di mulai.
Berikut adalah tampilan awal dari Eventsheet yang akan kita buat.

Gambar Eventsheet awal
Sekarang mari  kita atur sistemnya. Perhatikan langkah-langkah yang ada di gambar berikut ini.

Gambar Pilih Mouse
Pada langkah di atas, silahkan klik add event dan pilih mouse yang akan digunakan untuk mengaktifkan titik lokasi penemuan dalam game yang kita buat. Selanjutnya pilih On Click pada kotak dialog yang tersedia di bawah ini.

Gambar pemilihan fungsi click pada mouse

Jika sudah klik add action dan pilih Object yang akan kita jadikan tokoh Player. Pada game kali ini penulis akan memilih Object Bird sebagai tokoh playernya.

Gambar Player Utama (Bird)
Jika sudah, pilih Find path pada kotak dialog di bawah ini.

Gambar pemilihan Find Path
Masukkan Mouse.X pada kolom isian X dan Mouse.Y pada kolom isian Y kemudian klik done.


Silahkan klik add event kembali dan pilih tokoh player nya (bird) untuk kita beri perintah supaya bisa mengikuti path yang sudah ditentukan.

Gambar tokoh Player yang akan diberi perintah mengikuti Path
 Klik On Path Found pada kotak dialog nya.

Gambar On Path Found

Klik Add Action dan sekarang aktifkan kembali tokoh playernya (bird).

Gambar Tokoh Player (Bird)

Kemudian klik Move Along Path supaya tokoh player (bird) bisa bergerak mengikuti titik yang ditentukan dengan Mouse.

Gambar perintah untuk mengikuti path
Pada perintah di atas, tokoh player (bird) sudah bisa mengikuti arah titik tuju dengan baik. Namun kita perlu memberikan perintah jika path tidak bisa ditemukan sebagai contoh kita akan memberi efek playernya berada di posisi awal dengan berkedipkedip sebagai indikator bahwa dia tidak bisa menemukan lokasi yang di tuju. Untuk itu kita perlu memberikan perintah seperti di bawah ini.
Klik Add Event dan pilih object player (bird).
Gambar tokoh player (bird)
Kemudian Pilih On Failed to Find Path seperti gambar di bawah ini.

Gambar On Failed to Find Path
Selanjutnya, Klik Add Action dan pilih Object Player (Bird) kembali.

Gambar Object Player (Bird)
Jika sudah, pilih Flash sebagai efek berkedip-kedip.

Gambar Efek Flash
Biarkan angka sesuai dengan default yang sudah disediakan. 

Gambar nilai pemberian efek Flash
Dan jika sudah selesai, maka ketika game kita jalankan, maka ketika kita klik Mouse di sembarang tempat, maka Player (Bird) akan mengikuti kemana arah titik tuju itu berada.
Gambar Hasil Game yang sudah jadi.
Sekian tutorial kita kali ini, semoga bermanfaat bagi Pendidikan Indonesia. Silahkan sampaikan kritik dan saran kepada kami sebagai sarana bagi kami untuk memperbaiki diri. Terima kasih.
Salam Edugame Ponorogo.

Bagi para pembaca sekalian yang membutuhkan file jadinya, silahkan di download pada link berikut ini.

1 komentar:

  1. Bu Crysna...
    Kami mau belajar banyak, support kami yaaa
    Terima kasih buuuu

    BalasHapus